Monday, June 15, 2009

Yang Namanya Band...

Nggak buruk kok jadi anak band :D kayak kami. Ada suka da duka juga, tapi kamu buat senang semua hehe x) Memang kalau nggak ada perkembangan dalam sebuah band, setiap kali lgathering lama-lama berasa mahal. Hal itu tadi juga pernah kita rasakan kok. Hihi :)

Itu risiko. Kalau sudah benar-benar berani dan sudah berkomitmen, risk is nothing ;) karena kita semua akan berusaha untuk mencari jalan dan memberikan yang terbaik.

Mungkin suatu saat akan timbul rasa bersalah ditengah-tengah perjalanan band karena sadar akan kesalahan yang dibuat sejak awal band dibentuk. Namun justru itu jangan sampai terjadi ketika sebuah band sudah berjalan cukup lama :) kalau tidak ada usaha dan kemauan keras kedepannya, bubarnya sebuah band akan sangat mungkin terjadi.


.:o-------------------o:.

1.

"Menyatukan visi bermusik sebuah band itu perlu untuk menjaga keutuhan sebuah band. Perbedaan visi bermusik antar anggota bisa membuat sebuah band akhirnya bubar atau anggotanya mengundurkan diri. Hal ini disebabkan setiap anggota punya visinya sendiri tentang musik yang ingin dimainkannya, baik sekarang maupun di kemudian hari. Maka tiap anggota band perlu saling mengetahui dan menerima visi bermusik anggota lainnya ini serta saling menyesuaikan."


2.

"Kekompakan itu penting, tapi komunikasi dalam hal apapun, menjadi lebih penting. Banyak band yang bubar atau ditinggalkan personilnya karena perasaan yang tidak enak, dipendam dan akhirnya “meledak” menjadi emosi tak terkontrol yang meruntuhkan kebersamaan band itu."


3.

"...nonton bareng, nangis bareng, ketawa bareng, diskusi bareng, dsb. Tampaknya remeh, tapi percayalah sisi emosi seperti ini membantu kesehatian antar personil. Ini akan memberi efek saling memiliki dan saling melengkapi."


4.

"Mencintai musiknya, menjadi hal yang sangat krusial ketika membentuk band...
...ada personil yang suka rock, pop, jazz atau mungkin dangdut. Tidak masalah selama mereka sepakat dan sehati mencintai musik yang mereka sepakati untuk mainkan...
...sense of belonging itu akan membantu menikmati musik yang mereka mainkan."


5.

"Buat seorang musisi, dalam level apapun, pengetahuan soal musik itu sangat penting. Seorang musisi mengekpresikan dirinya lewat alat musik yang dikuasainya. Alhasil, wawasan musical itu jadi penting sekali. Penguasaan pengetahuan musik akan membantu musisi dalam berekspresi, memainkan serta menciptakan musik. Sekadar catatan, dalam sejumlah wawancara yang penulis lakukan, banyak musisi yang merasa cukup dengan pencapaiannya sekarang dan tidak merasa perlu belajar lebih baik. Sayang sekali…"


6.

"Makin mahir si musisi itu memainkan alat musiknya, jelas makin baik. Apalagi kemudian bisa menguasai alat musik lain yang tidak menjadi core musiknya. Ketika musisi itu punya kemampuan yan terus meningkat, proses penciptaan karya itu juga akan meningkat secara kuantitas dan kualitas."


7.

"Maksudnya memainkan instrument musik tanpa rencana terlebih dahulu. Pokoknya mainkan saja instrumentnya mengikuti kata hati. Hal ini berguna untuk meningkatkan kemampuan musisi mengekspresikan dirinya, mengenali dan mencurahkan emosinya melalui instrument musik."


8.

"Ngejam. Maksudnya suatu band secara bersama-sama memainkan alat musiknya masing-masing tanpa ada rencana terlebih dahulu. Pokoknya masing-masing anggota memainkan saja instrumentnya mengikuti kata hatinya masing-masing, sambil mendengarkan permainan anggota-anggota lainnya serta saling berusaha menyesuaikan permainan masing-masing dengan permainan anggota-anggota lainnya.
Hal ini penting dan berguna agar masing-masing anggota band saling mengenal kebiasaan anggota-anggota lainnya dan dapat saling menyesuaikan permainannya dengan permainan anggota-anggota lainnya. Tujuan akhirnya agar permainan band itu bisa semakin padu dan harmonis."


9.

"Musik tak hanya bicara aransemen, tapi juga lirik lagu. Akan lebih menyenangkan ketika masing-masing personal band ini, mau mencoba mendengarkan dan membaca hal-hal lain yang membantu kepekaannya berkarya...
...Tidak harus membuat lirik yang ribet dan sok sastrawi, tapi menyentuh ranah kepekaan akan keindahan. Paling tidak bisa menjadikan lagu itu nyaman dan enak dinyanyikan dengan liriknya."


10.

"Meluaskan wawasan berpikir itu perlu supaya seorang musisi dapat menciptakan lirik-lirik lagu yang indah, menyentuh perasaan dan mengena ke pendengar lagu-lagunya.
Lagu dengan lirik macam ini dapat bertahan disukai pendengarnya lebih lama alias dikenang orang. Selain itu dengan wawasan berpikir yang luas memudahkan seorang musisi dalam menggali dan menciptakan beragam jenis musik."


.:0----------------------0:.





Quotes from
http://airputihku.wordpress.com/2009/05/11/kiat-membentuk-band-yang-bagus-sukses/

1 comment:

Anonymous said...

iya ^^
semangat y minna~~~ ^3^