Wednesday, July 22, 2009

Jupiter, Eclipse, and 2012

Lagi gembar-gembornya isu bencana besar yang diperkirakan terjadi tahun 2012 nih... udah pada tau kan? seminggu ini pun sudah banyak hal yang terjadi. Diawali oleh datangnya aktivitas dari sebuah raksasa bernama Jupiter, lalu gerhana matahari terlama sepanjang abad 21 :D

Looks like our Jupiter have been crashed '_' Well.. not that kinda crashed.. Diperkirakan, Hari senin kemarin waktu libur Isra' Mi'raj, planet yang gagal jadi matahari ini baru aja ditabrak Younha... eh, Comet ding!! xDD~



Planet Jupiter kelihatannya baru saja ditabrak sebuah benda angkasa berukuran besar yang diduga komet. Foto terbaru yang dirilis Badan Antariksa AS (NASA) menunjukkan bukti peristiwa tersebut.

Dalam foto tersebut terlihat sebuah noda putih di atmosfer dekat kutub selatan planet kelima di tata surya itu. Noda tersebut kemungkinan kobaran api yang terbentuk akibat tumbukan tersebut.

Kejadian tersebut direkam para astronom di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California AS, Senin (20/7), setelah memperoleh informasi awal dari seorang astronom amatir semalam sebelumnya.

Foto langka yang direkam dari teleskop inframerah di Mauna Kea, Hawaii, itu dirilis bersamaan dengan peringatan 15 tahun tumbukan komet Shoemaker-Levy 9 ke Planet Jupiter.

source:http://www.kompas.com/read/xml/2009/07/21/12472241/planet.jupiter.baru.saja.ditabrak.komet




Jutaan penduduk di Benua Asia akan menjadi saksi gerhana matahari total terpanjang pada abad ini. Gerhana matahari total ini akan terjadi pada Rabu (22/7) dan berlangsung 6 menit 39 detik.

Gerhana matahari akan tampak pertama-tama saat fajar menyingsing di Teluk Khambhat, utara kota Mumbai, India. Kemudian, bayangan gerhana matahari akan bergerak ke arah timur menyeberangi kawasan India, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Bhutan, dan China sebelum berakhir di Samudra Pasifik.

Gerhana ini juga akan mengenai beberapa pulau di wilayah selatan Jepang dan terlihat terakhir kali dari Pulau Nikumaroro yang terletak di Pasifik Selatan. Salah satu daerah yang paling baik untuk menyaksikan peristiwa ini adalah seluruh kota Shanghai dan pulau-pulau di bagian selatan Jepang yang akan tertutup oleh kegelapan pada siang hari.

Diukur dari durasinya, gerhana matahari total kali ini paling lama karena diperkirakan akan berlangsung selama 6 menit 39 detik. Gerhana matahari total sebelumnya terjadi pada bulan Agustus 2008 dengan durasi 2 menit 27 detik.

Banyak orang, baik awam maupun para ilmuwan, berniat menempuh jarak yang jauh demi menyaksikan peristiwa sekali seumur hidup ini. Para ilmuwan hendak menjadikan data dari gerhana matahari ini sebagai acuan untuk membantu menjelaskan apa-apa saja struktur dari matahari dan mengapa timbul ledakan di permukaannya. Para ahli astronomi berharap gerhana dapat menyingkap sejumlah petunjuk tentang matahari.

"Kami harus menanti ratusan tahun lagi untuk mendapat kesempatan mengamati gerhana matahari sepanjang ini. Kesempatan ini sangatlah langka," ujar Shao Zhenyi, seorang ahli astronomi dari Shanghai Astronomical Obsevatory.

Sayang, kali ini gerhana matahari total tidak dapat dilihat dari Indonesia. Hanya beberapa kota di wilayah utara Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana parsial karena hanya sebagian saja piringan matahari yang tertutup bayangan bulan.

source:http://www.kompas.com/read/xml/2009/07/21/11331761/besok.gerhana.matahari.total.terlama.pada.abad.ke-21

waaahh... pengen liad ni o_o kelihatannya serem x)~ hehehe. Udah banyak banget yah tanda-tanda kiamat :) uda bukan tanda lagi sih, kalau dalam Islam sudah kiamat kecil namanya. Nah, 14 Juni lalu, ITB ngadain talkshow tentang apa yang diisukan tahun 2012 nanti:

Pada tahun 2012 diperkirakan oleh para ilmuwan akan terjadi badai matahari yang disebabkan oleh flare (radiasi elektromagnetik matahari yang menyerupai jilatan api) yang terjadi berulang tiap 11 tahun. Jumlah flare akan bertambah saat matahari mencapai siklus maksimumnya yang berikut diperkirakan akan terjadi pada tahun 2011 atau sekitar 1 tahun sebelum dan sesudahnya. Hal ini lah yang menyebabkan badai matahari besar di bumi dan berakibat kemungkinan putusnya jaringan komunikasi satelit bumi. Maka disebut lah peristiwa ini sebagai ''Kiamat Teknologi''. Namun, hal tersebut sudah diantisipasi oleh para ahli dalam bidang astronomi dengan meningkatkan pengawasan terhadap kemungkinan adanya benda-benda asing yang akan jatuh ke bumi dan mengawasi perubahan-perubahan aktivitas matahari yang diperkirakan akan berdampak pada bumi.

source:http://www.itb.ac.id/news/2523.xhtml


Hmm... interesting. Ada lagi artikel menarik tentang ini: http://www.kompas.com/read/xml/2008/11/26/13072198/isu.kiamat.tahun.2012.yang.meresahkan

Menjelaskan perkiraan apa yang bakal terjadi‐kesalahan apa yang bakal terjadi tahun 2012 nanti '_'
Percaya nggak percaya, semuanya harus selalu siap dengan apa yang akan terjadi :)
WHO KNOWS ABOUT FUTURE, nee?? :)

1 comment:

Orang_lewat_desu said...

baru tau bakal ada gerhana matahari pas baca blog situ T_T..udah lewat

*belum pernah liat eclipse seumur hidup*